Minggu, 14 Desember 2014

Belajar Java Bag 4 (Membuat Program Java)

Kembali saya akan posting tentang pembelajaran Java, yaitu melanjutkan posting saya sebelumnya tentang Belajar Java Bag 3. Pada posting kali ini, tentang "Membuat Program Java". Saya akan menjelaskan secara detail tentang bagaimana cara membuat program Java untuk pemula, jika belum tahu tentang Java bisa di lihat posting saya yang sebelumnya.



Pembelajaran Java selanjtnya, saya akan membagi pengetehuan saya tentang bagaimana membuat program sederhana dengan Java, pembuatan program pertama ini menggunakan Class “HelloWorld”, berikut ini adalah contoh program sederhana HelloWorld :
Gambar 1

Program diatas akan menampilkan tulisan “HelloWorld!” pada output. Kemudian saya akan menjelaskan satu persatu setiap baris dalam program tersebut:
Untuk membuat program dalam Java, pertama kita harus membuat sebuah “class”. Untuk membuat class, kita harus mendeklarasikan dengan mengetikkan “public class namakelas”, file ini nanti harus disimpan dengan ketentuan dan ekstensi “namakelas.java”, jika pada program diatas berarti “HelloWorld.java”.
Gambar 2

Dalam pembuatan nama kelas, ada ketentuan khusus agar tidak terjadi error dalam pembuatan nama kelas :
  1. Nama kelas bisa dimulai dengan huruf besar maupun kecil.
  2. Nama kelas bisa terdiri dari huruf dan angka.
  3. Nama kelas tidak boleh dimulai dengan angka.
  4. Nama kelas tidak boleh ada spasi.
  5. Nama kelas tidak boleh menggunakan symbol (@, #, %, ^, !, dll) terkecuali ($ dan _)
Gambar 3

Setelah mendeklarasikan kelas, ada kurung kurawal buka dan kurung kurawal tutup. Kurung kurawal dalam java, merupakan sebuah blok statement yang membatasi setiap kerja sebuah program.
Kemudian pembahasan pada baris selanjutnya, yaitu main method. Apakah main method? Main method dideklarasikan dengan mengetikkan “public static void main (String[] args)” atau bisa juga dengan “public static void main (String args[])”. Program java, tidak akan berjalan jika tidak dibuka dengan method ini didalam kelasnya dan jangan lupa menambahkan block statement setelah pembuatan main method. Berikut adalah gambaran main method :
Gambar 4
Kemudian kita masuk ke proses inti, dari program yang kita buat. Pada class HelloWorld ini, kita akan mencetak sebuah kalimat “HelloWorld!”. Dalam statement berikut ini, “System.out.println” statement yang digunakan untuk mencetak sesuatu. Setiap statement dalam java harus diakhiri dengan titik koma atau (;) untuk menutup sebuah statement. Berikut adalah gambaran statement :
Gambar 5
Demikian artikel tentang pembuatan program sederhana java, semoga bermanfaat dan barokah ilmu yang telah saya pelajari dan kita pelajari. Untuk menjalankan program yang telah kita buat ini, bisa dengan menggunakan CMD atau Netbeans jika menggunakan CMD sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Amiinn…


Download : PDF, Source Code

0 Komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com